Tuesday, December 02, 2008

Nama Kembar

Oleh : Angelina Kusuma

Gara-gara tulisan 'Dani' di status chat online yang saya pasang, pagi ini saya mendapat beberapa message dari para 'Dani' di friends list saya.

Dani (pake akhiran 'el'): "Njie, emang gue sms apaan tadi pagi ke loe?"
Enjie: "Maksut loe?" ***bengong.
Dani (pake akhiran 'el'): "Itu...status loe bilang 'Dani, tx ya smsnya...'. Emang gue sms apa ke loe tadi?"
Enjie: "Wkwkwk..." ***ga tahan ngakak euy huahaha.

Tak berapa lama kemudian...

Danny (pake double 'n'): "Hallo, Njie. Piye kabare?"
Enjie: "Wuah, baik kak. Gimana kabar juga hari ini?"
Danny (pake double 'n'): "Baik. Eh, kemarin ultah ya. Selamat yo. Baru tahu dari FS nie."
Enjie: "Hehe, tx ya kak."
Danny (pake double 'n'): "Semoga lancar usahanya, tambah dewasa..."
Enjie: "Wah, teng kiu kakakku ^_^..." ***aslinya mulai mikir, kok tiba-tiba ni kak Dani pake double 'n' tiba-tiba nyapa pagi-pagi ya? gara-gara tulisan 'Dani' yang ada di status chat online-ku juga kah? huehehe.

Enjie: (ambil HP...search nama Dani GBI...call...nggak ada yang angkat ***grrrrrrrr...sebel...)

...Akhirnya, kemudian ada sms masuk juga di HP.

Dani (yang asli): "Mbak, sorry tadi lagi di jalan, nggak sempet angkat telp. Iya, itu anaknya lagi dalam perjalanan dari Surabaya ke Ponorogo. Yang sabar ya...Bentar lagi ibuku ke tempate sampeyan mo ngejelasin semuanya."
Enjie: "Ok deh, tak tunggu. Btw, gara-gara kamu aku diserbu para 'Dani' nie. Makanya, stand by dong HP-nya. Sms nggak jelas, mo ditelpon nggak bisa. Aku puyeng jadinya."
Dani (yang asli): "Emang kenapa?" ***mungkin sambil garuk-garuk kepala pas nulis sms balasan ini wkwkwk.
Enjie: "Nggak jadi dah. Nanti aja tak critain ke ibumu ato hari Minggu besok aku crita kalo ketemu di gereja" ***ambil nafas panjang, untung nggak jadi ngamuk-ngamuk ke Dani (yang asli) abis diberondong dua Dani lainnya di chat online huahaha.

Nama kembar bisa mengakibatkan hal-hal lucu seperti ini ya. Sebenarnya saya juga mempunyai pengalaman lucu dengan nama kembar ini. Dulu waktu SMP, saya punya seorang sahabat dengan nama depan sama yaitu Angelina. Karena nama kami sama, otomatis nama kecil kami juga sama, sama-sama Angie. Nah, sering kali jika ada orang yang menyebut Angelina atau Angie saja, kami berdua akan datang atau menoleh dengan serempak. Karena itu, untuk membedakannya, saya membuat nama panggilan saya dalam versi Indonesia maksa yaitu Enjie wkwkwk.

Setamat SMP, saya (Angelina dengan nama kecil Enjie) terpisah dengan Angelina dengan nama kecil Angie. Tetapi tiga tahun lalu kami bertemu kembali. Ia menyempatkan diri berkunjung ke tempat kerja saya sebelum kemudian melanjutkan studinya ke Los Angeles. Setelah itu, komunikasi kami lebih banyak melalui chat online, e-mail, dan juga account di sebuah social networking internet untuk bertukar foto-foto.

Pertengahan tahun kemarin, mamanya Angelina dengan nama kecil Angie, pergi ke LA menengok putrinya itu. Sepulang dari sana beliau membawakan oleh-oleh untuk saya (Angelina dengan nama kecil Enjie) berupa bingkisan parfum. Hadiah itu dibungkus dengan kertas kado yang tertulis 'Angelina'. Waktu mami saya (Angelina dengan nama kecil Enjie) melihat kotak persegi empat dengan kertas kado yang masih rapi di atas tempat tidur itu, dengan penasaran beliau segera mengambil barang tersebut kemudian bertanya kepada saya.

Mami Angelina dengan nama kecil Enjie: "Apa ini, Ngie?"
Enjie: "Hadiah dari Angie."
Mami Angelina dengan nama kecil Enjie: "Kamu beli hadiah buat dirimu sendiri?"
Enjie: "Bukan...dari Angie temen SMP dulu tuh yang namanya kembaran sama aku mi." ***gubrakkk, masa iya gue beli hadiah buat diri gue sendiri sie? gue nggak se-desperate itu kali meski nggak ada yang pernah ngasih gue kado istimewa wkwkwk.

Beberapa Minggu lalu, kejadian lucu gara-gara nama kembar kembali saya alami.

Ce Yuli: "Tadi ada seorang ibu-ibu dateng kesini katanya suruh ngambilin foto-fotomu di FS trus suruh burn ke CD. Besok mo diambil."
Enjie: "Maksutnya...?" ***bingung mode on.
Ce Yuli: "Nggak tahu, tadi si ibu itu cuma bilang, 'Foto-fotonya Angie yang ada di FS suruh ngambilin trus burn ke CD'...gitu..."
Enjie: (manggut-manggut) ***mulai ngerti duduk permasalahannya hehehe.

Ce Yuli ini adalah rekan sekerja saya. Ia belum tahu bahwa saya mempunyai sahabat dengan nama kembar dan nama panggilan kecil yang sama juga dengan saya. Mamanya Angie sering datang ke tempat kerja saya (Enjie) untuk meminta tolong saya mengambilkan (download) foto-foto Angie yang ter-upload di account social networking-nya.

Saat mama Angie menitipkan pesan, '...ambilkan foto-foto Angie yang ada di FS...', Ce Yuli yang hanya mengenal saya sebagai satu-satunya 'Angie' pasti mengira bahwa ibu itu berpesan bahwa saya (yang dikiranya Angie yang dimaksut) harus mengambil foto-foto saya sendiri yang ter-publish di FS untuk ibu itu ***wkwkwk, hebat juga kalo ada yang beneran nge-fans sama foto-foto cute gue sampai minta di download-in khusus gitu ya...gue rela...gue iklas...gue mauuuu kok...sok ngartis mode on!

Setiap manusia mempunyai ciri khas sendiri-sendiri. Nama boleh kembar, penampilan bisa serupa, tetapi kepribadian tidak akan pernah sama. Saya (Angelina dengan nama kecil Enjie) dan Angelina dengan nama kecil Angie sahabat saya semasa SMP, juga berbeda karakter meski nama depan kami sama-sama bernaung di bawah unsur Angelina. Kami (Enjie dan Angie) tentu juga berbeda kepribadian dengan Angelina Jolie atau juga Angelina Sondhak yang sebentar lagi dikabarkan hendak menikah dengan Adjie Massaid itu? ***sesama Angelina boleh dong nebeng beken dikit hihihi.

Sama seperti sahabat-sahabat saya yang bernaung di bawah nama Dani. Antara Dani pake akhiran 'el', dengan Danny pake double 'n', dan Dani asli yang saya tulis di status chat online saya pagi tadi, semuanya memiliki kepribadian yang berbeda-beda. Hmm, jadi ingat satu sahabat saya lagi dengan unsur 'Dani'...namanya Dani pake awalan 'Ar'. Ke-empat sahabat saya dengan unsur nama Dani yang sama ini, tentu juga berbeda kepribadian dan kehidupannya dengan Dhani (pake 'h') Ahmad yang merupakan pentolan group Dewa 19 yang baru bercerai dengan Maia Estianty dari Duo Ratu beberapa bulan yang lalu itu.

Mungkin, nama anda juga ada kembarannya di dunia ini. Apalagi kalau orang tua yang memberikan nama kepada anda sengaja mengambil nama itu dari jajaran nama-nama yang sudah ada lebih dulu atau nama yang sudah terkenal (seperti nama adik kandung saya Bobby Fischer yang diambil dari nama pecatur asal Amerika Serikat), akan lebih banyak lagi nama yang menyamai anda. Bisa dua, lima, sampai puluhan bahkan ratusan kesamaan nama. Siapapun bisa menyandang Angelina, Erik, Fifi, Ika, Dani, Doni, Deni, Joe, David, Lucky, Hanny, Soni, Rony, Roby, Mulya, dan lain-lain sebagai namanya. Tetapi hanya akan ada satu pribadi yaitu anda masing-masing.

Di dunia ini boleh ada banyak Angelina. Tetapi Angelina yang mempunyai nama kecil Enjie dan merupakan sahabat dari Angelina dengan nama kecil Angie, yang nge-fans sama Angelina Jolie dan suka ngaku-ngaku masih sedarah sama Angelina Sondhak itu pastinya hanya saya! ^o^ V.

Yuk, bangun karakter diri sendiri lebih berkualitas lagi agar dunia mengingat kita sebagai Angelina yang baik, Soni yang bijak, Roby yang beken, Lucky yang keren, Hanny yang cantik, Mulya yang cool, Erik yang periang, Fifi yang tenang, Ika yang pintar, etc...

Jangan biarkan dunia mengenal anda sebagai orang berpredikat minus di antara orang-orang terbaik lainnya yang bernama sama dengan yang anda miliki (nj@coe).


No comments: