Tuesday, April 08, 2008

Blog Multiplyku diambang RIP

Oleh : Angelina Kusuma

Sebuah kejadian mengesalkan hampir membuatku bergelut dengan mendung terus-menerus hari ini. Blogku di Multiply yang sudah dua tahun ini menjadi teman setiaku melewati hari-hari didepan komputer netcafe, tidak bisa dibuka sekitar jam sepuluh atau sebelas siang tadi. Padahal dipagi harinya, aku masih sempat log in ke home blogku dan memeriksa inbox-nya.

Menjelang siang ada seorang teman yang bertanya ke aku kenapa Multiply tidak bisa diakses. Saat itu aku cuek. "Ya, paling-paling servernya Multiply lagi down sebentar buat maintenance seperti biasanya", ini kalimat yang terlintas diotakku saat itu. Lagian, waktu pertanyaan itu datang, aku juga masih sibuk dengan kerjaanku. Makanya tetap aja santai ...

Begitu pekerjaanku udah agak longgar, seperti biasa aku log in ke home blog. Ah, kok ga bisa terus ? Ada apa gerangan ini ? Mana tanda-tanda gagal kebukanya blogku sedikit aneh. Kalo Multiply masih dalam tahap perbaikan, biasanya ada pemberitahuan resmi dari pihak Multiply jika mereka sedang dalam proses perbaikan dan akan bisa diakses lagi beberapa saat kemudian. Tetapi siang tadi ? Internet browserku langsung nunjukin kalo halaman browsing-nya error. Tandanya emang ada sesuatu yang tidak beres terjadi disana.

Aku mulai nanya kanan kiri buat mastiin kalo bukan koneksiku yang bermasalah. Aksesku ke situs-situs lain begitu lancar dan mudah. Hanya Multiply yang membuatku heran setengah mati. Dari temenku, Edi yang kerja di Schlumberger Balik Papan, bilang kalo saat itu dia lagi download lagu via Multiply. What ? "Wah, gimana bisa kamu bebas buka Multiply sementara aku enggak sama sekali ?"

Ga puas dengan satu orang, aku mulai nanya ke temen-temenku yang online di YM lainnya. Fay yang kerja di Jawaban.com bilang kalo dia bisa buka Multiply meskipun aksesnya sedikit lambat. Wow, semakin membuatku bingung. Next ... tiba giliran tanya ke Calvin yang kerja di Manado.Ternyata dia juga ga bisa akses Multiply. Hehehe baru deh aku lega. Trus dapat kabar juga dari Penguin yang di Bandung. Katanya dia ga bisa akses Multiply gara-gara aksesnya diblockir dari ISP-nya. Waw ... mana alasannya karena film Fitna yang kontroversial itu ? ckckck.

Terakhir aku nanya ke Mas Zuki, teman alumni kampus Kapal and then dia bilang kalo dia bisa buka blogku yang di cityofenjie.multiply.com. Wuis, aku tambah bersedih. Trus dia crita, katanya emang ada beberapa situs yang udah diblock dari kemarin-kemarin oleh pihak Pemerintah. Diantaranya yang tidak bisa dibuka dari tempatnya adalah Youtube. Iseng-iseng, aku nyoba juga buka Youtube. Hasilnya sama persis seperti waktu aku akses Multiply, error page !

Akhirnya aku nyari info ke websitenya Telkom Speedy providerku. Hasilnya ? Aku nemuin sebuah Pengumuman mengesalkan terpampang disana.

INFORMASI PEMBLOKIRAN FILM FITNA
08 April 2008 09:10:28 ( Sys Admin TSDC )

Mohon maaf, untuk saat ini situs-situs dan blog yang memuat Film Fitna kami blokir atas permintaan Menteri Komunikasi dan Informasi No.84/M.KOMINFO/04/08 tanggal 2 April 2008.
Situs dan blog yang ditutup:
* Youtube
* MySpace
* Metacafe
* Rapidshare
* Multiply
* Liveleak
* Themoviefitna.com


Situs-situs dan blog tersebut tidak akan bisa diakses hingga ada pemberitahuan lebih lanjut.
Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini.

Terimakasih

PT Telkom Indonesia Tbk.


Gemes !

Sebel !

Jengkel !

Sedih !

Hanya gara-gara satu film kontroversial aja sampai mengorbankan hak para blogger sedemikian rupa ? Fuih ... yang aneh siapa sie nie ? Padahal kalo dipikir-pikir, Om Wilder yang bikin film Fitna-nya aja masih bebas diluar sana tuh. Haduh haduh ... ABCDEFG ampek Z dah kalo gini !

Gara-gara akses blog Multiply tersendat, aku juga terimbas males ngapa-ngapain sesore sampai malam ini. Tadi banyak temen yang nyuruh bobol block Multiply pake fasilitas web proxy. Dan bener aja emang bisa, meskipun ga maksimal 100 %. Diantara web proxy tersebut adalah :

www.zend2.com
www.spysurfing.com
http://circumventor.net

Sebenere masih ada beberapa lagi web proxy yang bisa njebolin blockir disitus-situs yang diblock diatas. Cuma yang sempet nyoba hanya tiga web itu. At least, aku agak bisa bernafas lega sedikitlah. Paling tidak tulisan-tulisan karyaku diblog Multiply masih aman, ga hilang hehehe.

Hhh ...

Tarik nafas bentar dulu ah ...

Sekarang aku ngrasa lapar ! hehehe. Capek ngamuk-ngamuk dari tadi kayaknya. Sekarang mo makan dulu, abis itu mo kerja lagi.



NB : Ayo Pemerintah Indonesia dewasa dikit dong ... Ga semua blogger itu negatif Pak / Bu. Saya ikutan blogger bukan buat nyebarin film-film ga mutu kayak gitu kok. Asli, ngeblog cuma buat ajang berkreasi sebagai penulis lepas. Jadi jangan mengkebiri kebebasan blogger secara membabi buta gitu dong ... Kalo mau yang lebih tepat mah tangkep tuh Om Wilder, bukan ngeblock akses Multiply sepihak hiks hiks

Caayooooooo para blogger Indoensia !!


No comments: