Tuesday, April 15, 2008

Usai Terbanting ke Lantai

Oleh : Angelina Kusuma

Keyboard komputer saya sudah lama menunjukkan ketidak beresan. Jika dipakai terlalu lama - sekitar enam jam berturut-turut - maka setelah itu biasanya akan mengeluarkan huruf 'y' secara terus-menerus tanpa sebab yang jelas. Keyboard ini memang bukan dari merk terbaik dibidangnya - harganya juga tidak sampai dua puluh ribu rupiah, maka kerusakan setelah pemakaian dalam jangka waktu tidak terlalu lama pun tidak bisa dihindari - hanya selang dua tahun setelah saya pakai.

Keluarnya huruf 'y' secara otomatis ini kadang membuat saya jengah. Pekerjaan saya sehari-hari berhadapan dengan komputer dan tidak bisa menghindari pemakaian keyboard untuk mengetik data entry ke komputer. Mau tak mau saya harus mengganti keyboard komputer saya setelah pemakaian enam jam berikutnya. Dan itu artinya, sedikt menambah pekerjaan sepele yang merepotkan saya.

Kejadian tak terduga tiba-tiba terjadi tiga hari kemarin. Ketika saya hendak mengganti keyboard yang sudah mulai mengeluarkan huruf 'y' secara otomatis tersebut dengan keyboard lain yang masih sehat, tidak sengaja tangan saya menyenggol keyboard bermasalah tersebut hingga terjatuh dari meja kerja saya.

"Yah, hancur sudah ...", saya hanya bisa bergumam seperti itu. Bagaimana tidak ? Masalah di huruf 'y' belum selesai, sekarang justru keyboard-nya terjatuh dari meja dan terbanting keras ke lantai. Saya pikir riwayat keyboard ini pasti sudah menemui ajalnya sekarang. Benar-benar harus segera dilembaru esok hari - dilempar, kemudian beli yang baru.

Wonderful ! Dua hari ini serasa ada mukjizat terjadi pada keyboard saya pasca kejadian terbanting ke lantai tempo hari. Keyboard yang saya kira pasti tidak akan bisa digunakan lagi itu masih survive. Ketika saya menekan tuts-tuts-nya untuk mengetik esok harinya, tidak nampak lagi masalah seperti sebelumnya. Huruf 'y' yang kadang keluar otomatis tiba-tiba hilang meski saya sudah menggunakan keyboard tersebut selama dua belas jam berturut-turut. Dan sampai hari ini, keyboard tersebut sudah kembali ke kondisi normalnya seperti sebelum saat ia bermasalah.

Akhirnya saya mendapat pelajaran berharga mengenai kehidupan dari kejadian dengan keyboard ini.

Seringkali kita mengalami masalah yang tidak bisa kita hindari. Masalah yang kadang bertubi-tubi datang dan menekan kita hingga terjepit. Keadaan sekeliling kita semakin bertambah suram dan tidak bisa kita kendalikan. Kita terjatuh dari zona kenyamanan kita dan harus bergelut dengan masalah kita sendirian. Tak jarang, saat dalam kondisi dibawah, manusiapun mulai mempertanyakan 'kenapa hal demikian harus terjadi dalam hidupnya dan dimanakah Tuhan ?'

Saya juga pernah merasa ditinggal sendirian oleh Tuhan ketika sebuah masalah menjepit saya dengan ketat. Tetapi ketika saya berhasil keluar dari masalah tersebut, saya seperti keyboard yang diperbaharui sistemnya setelah terjatuh dengan keras dari atas meja ke lantai. Benturan yang diderita oleh keyboard justru mengembalikan fungsinya yang bermasalah selama berminggu-minggu dalam tempo hanya beberapa detik saja.

Tuhan mengizinkan cobaan dan masalah hidup terjadi dalam hidup kita bukan karena Ia tidak mengasihi kita lagi. Sering kali kitalah yang berfikiran sempit ketika masalah datang dan membuat kita terjatuh semakin dalam sehingga membuat kita lupa akan janji-janji-Nya yang ajaib. Kita memang tidak bisa melihat gambaran besar yang telah Ia rencanakan jauh sebelum kita terlahir ke dunia ini. Melihat kotak-kotak kecil dari sebuah puzzle juga tidak akan bisa membuat kita mengerti maksut besar puzzle tersebut dibuat.

Baik atau buruk, susah atau senang, mudah atau sukar, semua bisa dipakai oleh Tuhan untuk menyatakan rencana agung-Nya dalam hidup kita. Kejatuhan dan keadaan kita saat terbanting ke dalam masalah juga diketahui dengan detail oleh-Nya. Yang perlu kita lakukan hanyalah mempercayai Dia dalam segala hal dan membiarkan tangan-Nya bekerja baik saat kita berada di zona nyaman atau di zona yang bermasalah. Yesus terlebih besar dari semua masalah-masalah yang hilir mudik disekeliling kita. So, don't worry, just trust HIM in everything.

Roma 8:28, Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.

No comments: