Friday, May 16, 2008

Mental Pemenang

Oleh : Angelina Kusuma

Setiap pukul 18.00 WIB, sekarang saya mempunyai kebiasaan baru. Yaitu menonton siaran langsung kejuaraan bulu tangkis dunia memperebutkan piala Thomas dan Uber yang ditayangkan salah satu stasiun televisi swasta di Indonesia.

Saat pertandingan tim Uber Indonesia melawan tim Uber dari Jerman dalam babak semi final kemarin malam, ada sebuah kalimat yang membuat saya terkesan. Kalimat ini diucapkan oleh Bapak Sutiyoso alias Bang Yos seusai kemenangan tim Uber Indonesia setelah mengalahkan Jerman dengan skor 3 - 1.

"Saya menanamkan kepada mereka (tim Uber Indonesia, red) bahwa tidak ada musuh yang tidak bisa dikalahkan !"

Ketika saya mendengar kalimat dari Gubernur DKI Jakarta ini, serentak saya berkata, "Yes, that's right !"

Bukan saja dalam sebuah pertandingan olah raga kita harus mempunyai mental pemenang seperti itu, tetapi dalam setiap tindakan kita sehari-hari hendaknya kita juga tetap memiliki prinsip bahwa tidak ada musuh yang tidak bisa dikalahkan, tidak ada masalah yang tidak bisa diselesaikan, tidak ada sakit penyakit yang tidak bisa disembuhkan, tidak ada kesedihan yang tidak bisa diatasi, tidak ada kesengsaraan yang tidak akan pernah berakhir.

Jika kita mempunyai pikiran bahwa kita telah kalah, kita buruk, kita tidak mempunyai apa-apa, kita lemah, kita tidak berdaya ... maka itulah yang akan terjadi kepada diri kita. Sebaliknya jika kita men-set otak kita untuk menyimpan hal-hal yang pasti bisa kita lakukan dengan segala yang ada pada diri kita, kita juga akan terpacu untuk selalu menang, sukses, bahagia, dan pantang menyerah.

You are what you think. Persiapkan diri untuk menjadi pemenang setiap saat. Kita diciptakan didunia ini untuk menjadi pejuang yang mengusahakan milik pusaka titipan Tuhan, bukan sebagai pengecut yang pandai mengeluh.




No comments: