Friday, January 23, 2009

Your Love Story was Written

Oleh : Angelina Kusuma

Anda single?

Yah, anggap saja saat anda membaca tulisan ini anda sedang single, benar-benar single atau sedang bertanya-tanya mengenai kelanjutan dari hubungan anda dengan seseorang yang special di hati anda.

Apa yang anda lakukan untuk mengisi waktu single anda? Banyak membaca novel-novel ber-genre cinta, menonton film-film romantis, tak pernah melewatkan tips and trik cara menggaet calon pasangan menarik dari majalah, tabloid, surat kabar, website-website tertentu yang mengupas pernak-pernik cinta sampai berseri-seri, atau menghadiri semua undangan pesta dan acara yang berpotensial mempertemukan para tulang rusuk yang terpisah?

Jika anda pernah melakukan satu atau dua hal diatas, anda tak perlu khawatir. Anda tidak sendirian! Ribuan para single di luar sana dan sayapun juga pernah melakukannya (dulu tapinya hihihi).

Single selalu penuh dengan berbagai pertanyaan misteri. "Siapa yang akan menjadi ms./mr. right-ku nanti?", "Kapan ya bisa nge-date malam minggu sama pacar?", "Dia tertarik juga nggak ya sama aku?", "Gimana supaya dia tertarik sama aku?", dan ratusan bahkan ribuan pertanyaan senada itu pasti pernah memenuhi pikiran semua single.

Untuk menenangkan kegelisahan saya akan kondisi single, dulu saya sangat tertarik dengan segala sesuatu yang bermuatan cinta. Mulai dari berburu tiket nonton film-film romantis yang baru diputar premire-nya beberapa minggu lalu, memburu majalah-majalah yang mengupas tuntas soal cara mencari dan mengenali sang arjuna, sampai tidak pernah melewatkan satu haripun tanpa membaca sebuah rubrik mengenai 'love story' dari sebuah website surat kabar terkemuka di Indonesia. Ibaratnya, tiada hari 'tenang' sebagai single sebelum mendapat cara-cara baru untuk berburu cinta hehehe.

Terus...adakah hasil dari menerapkan tips-tips mencari cinta sejati yang sudah saya baca berkali-kali melalui berbagai sumber diatas? Ah, sayangnya tidak ada hasilnya sama sekali! hahaha :D. Seorang pria yang pernah dekat dengan saya justru melangkahkan kakinya menjauh, padahal saya sudah berusaha semaksimal mungkin menariknya dengan cara-cara yang ditulis oleh puluhan artikel cinta di majalah, tabloid, surat kabar, dan website-website yang pernah mengupasnya dengan tuntas. Kisah cinta saya dengan pria itu juga tidak berakhir seperti love story romantis yang pernah saya tonton di film-film dengan paparan kalimat, "Akhirnya keduanya melangkah ke pelaminan dengan senyum bahagia!" sebagai ending-nya.

Saya tidak menuduh bahwa para penulis artikel, novel, tips-tips, dan film-film yang berbau cinta itu telah memberikan cara-cara menemukan cinta sejati yang salah kepada para penikmat karya-karya mereka. Setiap cara bahkan yang paling sederhana sekalipun, bisa kok membuat kita menemukan cinta sejati kita. Tetapi kitalah yang bodoh jika kita ingin membuat cara kita menemukan cinta sejati itu sama seperti orang lain.

Setiap orang diciptakan berbeda. Anda tidak sama dengan saya, begitu juga sebaliknya. Karena kita berbeda, maka setiap kisah yang terjadi dalam hidup kitapun tentu tidak akan ada yang sama. Jika kita mengharap kisah cinta kita berakhir happy ending seperti film A, love story B, tips mencari cinta dari C, cara menemukan tulang rusuk yang hilang dari D, dll, berarti kita telah salah terbuai kisah romantis dari orang lain!

Anda dan saya pasti mempunyai kisah cinta sendiri-sendiri! Tuhan tidak mungkin melewatkan satu bagian terkecil sekalipun dari detail kehidupan kita, termasuk soal PH atau Pasangan Hidup. Bahkan jauh sebelum kita terlahir ke dunia ini, semua yang akan kita alami selama hidup sudah dirancang oleh-Nya dengan komplit sampai saatnya kembali kepada-Nya lagi nanti.

Mazmur 139:16, Mata-Mu melihat selagi aku bakal anak, dan dalam kitab-Mu semuanya tertulis hari-hari yang akan dibentuk, sebelum ada satupun dari padanya.

Setelah membaca Mazmur 139:16 ini, saya langsung menutup semua majalah, tabloid, dan surat kabar yang menawarkan tips-tips mencari cinta sejati yang pernah saya gandrungi sebelumnya. Saya membuang angan-angan ingin memiliki akhir kisah cinta seperti kisah-kisah cinta romantis yang pernah saya baca di novel atau di film-film yang pernah saya tonton. Saya juga tak lagi memelihara iri hati kepada sahabat-sahabat saya yang sukses dengan kisah pencarian cinta sejatinya memakai cara ini atau itu. Saya mulai mempercayai Tuhan Yesus yang saya sembah dan menyerahkan kisah cinta saya 100% ke dalam tangan-Nya.

Mazmur ini jelas berkata bahwa hari-hari yang akan kita lewati telah ditetapkan oleh Tuhan sebelum kita lahir. Termasuk kisah cinta kita, Ia sudah menulisnya! Kapan kita bertemu dengan ms./mr. right, bagaimana cara kita bertemu dengannya, kapan kita mulai ber-relationships, kapan kita menikah, dan berapa lama kita harus single, semua sudah ditulis-Nya dengan rapi!

Tuhan tidak bisa ingkar janji. Sekali Ia menetapkan, hal itu akan tetap terjadi dengan cara apapun juga. Yang kita perlukan adalah mempersiapkan diri sebaik-baiknya menyambut rencana yang sudah ditetapkan-Nya itu. Sederhana kan? Kita juga tidak perlu sibuk mencari tips-tips atau petunjuk cara-cara tertentu agar kita bisa bertemu dengan someone special kita. Tahun tahu kok siapa orangnya dan kapan waktunya! Jika kita ingin mengejar relationships yang benar, maka kejarlah TUHAN, bukan sosok lawan jenis yang menarik atau cara-cara yang dikatakan dan dibuat oleh manusia lain.

Tuhanmu, Sang Penulis love story-mu, akan memberitahukan semua isi hati-Nya kepadamu jika kamu peka dan dekat dengan-Nya. Saat kamu jatuh cinta, tanyalah Dia...siapa orang yang sudah ditetapkan-Nya untukmu biar nggak salah di jalan dan membuat waktumu bertemu dengan PH sejatimu menjadi lebih rumit. Duduk tenang sajalah di bawah kaki-Nya, tunggu His sign, siap-siap, dan biarkan Ia mengambil alih acara relationships-mu. God bless His child love story ^.^ (nj@coe).

2 comments:

Anonymous said...

Amen.. Saya sepakat bahwa TUHAN memang mau menunjukkan kepada kita 'siapa' yang cocok sebagai pasangan hidup kita dan tidak perlu panik atau kuatir, tapi ada juga yg mmg harus menjalani hidup melajang dan karena itu maka ga perlu panik dan kuatir juga, hahahaa!

Nice writing!

Enjie said...

:) always selalu akan tepat pada waktu-Nya kan kalo soal PH hahaha :D