Monday, October 05, 2009

Penyaringan

Oleh : Angelina Kusuma

Daniel 11:35, Sebagian dari orang-orang bijaksana itu akan jatuh, supaya dengan demikian diadakan pengujian, penyaringan, dan pemurnian di antara mereka, sampai pada akhir zaman.

Di rumah saya, ada air terjun mini yang di bawahnya dibangun sebuah kolam kecil. Di kolam ini, papi dan adik saya memelihara ikan-ikan hias mereka. Mulai dari yang bentuknya bagus hingga ikan-ikan yang bentuknya kurang menarik karena sisiknya hanya berwarna abu-abu. Ukuran ikan yang terkecil sekitar 3-4 cm dan ikan yang terbesar ukurannya sepanjang 10-15 cm.

Sudah tiga kali, kolam kecil itu diisi dengan bibit-bibit ikan. Kali pertama, papi saya membeli ikan-ikan bersisik kemerahan sebanyak 6 ekor. Karena dilihatnya menarik memelihara ikan disana, akhirnya beliau menambah lagi isi kolam tersebut dengan bibit-bibit ikan bersisik abu-abu kecil berjumlah banyak. Dan kali ketiganya, bulan lalu adik saya ikut menambahkan 4 ekor ikan berwarna keemasan ke dalam kolam. Saya bukan pecinta ikan, makanya saya tidak terlalu perduli, apa nama ikan-ikan yang sudah dilepas di kolam kecil oleh papi dan adik saya itu. Hanya saja, saya juga turut memeliharanya karena letak kolam ada di dalam rumah.

Beberapa hari ini, saya sering memperhatikan keadaan kolam kecil di bawah air terjun mini di rumah saya. Tiap pagi, papi atau mami saya harus mengangkat tubuh-tubuh ikan yang mati. Baik dari golongan ikan-ikan yang bersisik kemerahan, keemasan, dan yang kelabu, selalu ada yang mati satu per satu setiap hari. Segala usaha untuk mencegah kematian ikan sudah diusahakan oleh papi saya. Mulai dari mengganti air kolam dengan air yang bersih seminggu sekali sampai memberinya tanaman-tanaman yang hidup di air. Meski demikian, tetap saja ada ikan-ikan yang mati keesokan harinya.

Dari begitu banyaknya ikan yang sudah dilepas ke dalam kolam kecil, kini tinggal beberapa ikan bersisik kemerahan dan beberapa ikan bersisik abu-abu yang masih tersisa dan bertahan hidup. Yang lain-lain, termasuk ikan bersisik keemasan yang paling indah di antara ikan-ikan di kolam itu sebelumnya, sudah mati lebih dulu.

Anda dan saya, sebenarnya juga sama seperti ikan-ikan di dalam kolam kecil itu saat ini. Kita sedang memasuki akhir zaman yang penuh dengan pengujian, penyaringan, dan pemurnian. Siapa yang bisa bertahan setia kepada Kristus sampai pada garis akhir, ia akan memperoleh mahkota kehidupan kekal. Tapi yang tidak bisa bertahan, maut sudah di ambang pintu untuk menjemputnya.

Siap atau tidak siap, Kristus akan segera datang kembali ke dunia untuk kedua kalinya. Tanda-tanda akhir zaman semakin gencar terjadi hari-hari belakangan ini (Matius 24:5-12; munculnya mesias palsu [ayat 5], perang terjadi [ayat 6-7a], kelaparan dan gempa bumi dimana-mana [ayat 7], penganiayaan orang-orang percaya mulai nyata [ayat 9], banyak orang murtad dan saling membenci [ayat 10], nabi-nabi palsu juga bermunculan [ayat 11], dan kasih banyak orang menjadi dingin [ayat 12]).

Kegoncangan harus terjadi lebih dulu menjelang kedatangan-Nya, agar terjadi pemisahan antara yang gelap dan yang terang, yang pantas diselamatkan dan yang tidak, yang baik dan yang jahat, yang setia dan yang murtad.

Proses pengujian, penyaringan, dan pemurnian tak hanya terjadi di luar gereja, tapi juga akan merambah ke dalam gereja-gereja. Dari antara orang-orang percaya, juga akan dipisahkan antara orang yang benar-benar memiliki iman murni atau yang hanya sekedar KTP (Kristen Tanpa Pertobatan). Keselamatan yang sudah kita miliki sekarang harus tetap dikerjakan sampai Yesus menjemput kita ke keabadian. Keselamatan itu bukan hanya diterima sekali kemudian kita bisa berlaku seenaknya setelah itu. Tapi, hanya orang-orang yang setia dari awal sampai akhir tetap berjalan bersama Kristus dan yang tidak menyimpang ke kanan dan ke kiri dari pengajaran-Nyalah yang akan diselamatkan (nj@coe).

Matius 24:13, Tetapi orang yang bertahan sampai pada kesudahannya akan selamat.

Bersiaplah menghadapi hari-hari penyaringan yang dari Tuhan!




No comments: