Tuesday, October 13, 2009

Pribadi Yang Paling Kesepian

Oleh : Angelina Kusuma

Pagi ini ketika saya membaca bahan saat teduh di buku renungan, mata saya tertarik dengan sederet kalimat yang membuat saya terkesima. Sederet kalimat tersebut berkata demikian, "Roh Kudus sebenarnya adalah Pribadi yang paling kesepian di dunia ini. Lebih banyak orang-orang yang mencari pastor atau hamba Tuhan lain, tapi hanya sedikit orang yang mencari Roh Kudus untuk bertanya."

Well, Roh Kudus harusnya tidak menjadi Pribadi yang asing bagi kita. Ia adalah Pribadi Tuhan yang bertugas untuk menjadi Penolong manusia. Ia bersemayam dalam diri setiap orang yang percaya bahwa Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juru Selamatnya. Karena Roh Kudus sangat dekat dengan kita, Ia juga Pribadi yang paling mengerti tentang keadaan dan kebutuhan kita setiap saat. Meski demikian, banyak orang (termasuk saya), lebih sering tidak menyadari dan tidak mau melibatkan-Nya dalam setiap kehidupan yang dijalaninya.

Kristen bukan sebuah agama yang menetapkan waktu dan tempat tertentu untuk beribadah kepada tuhannya. Karena Tuhan kita adalah Tuhan Yang Hidup dan Yang Bersemayam dalam hati kita, setiap saat dan dimanapun kita bisa langsung berinteraksi dengan-Nya. Saat kita di atas tempat tidur, di ruang tamu, di kantor, di sekolah, di jalan, di mobil, di angkutan umum, Roh Kudus tetap ikut dengan gerak langkah kita. Bahkan (maaf) saat kita di toiletpun, kita bisa sambil memuji dan menyembah Dia Yang Maha Kuasa itu jika mau.

Banyak orang merasa kesepian akhir-akhir ini. Entah itu kesepian karena banyaknya deraan masalah, tidak punya kekasih, karena minder bergaul dengan orang lain, karena merasa tertolak, dst. Tapi sesepinya manusia, ia tak pernah sendirian! Roh Kudus ada disampingnya, menemaninya, dan siap menghiburnya jika manusia tersebut menyadari kerinduan hati-Nya.

Setelah saya tersadar oleh deretan kalimat di buku renungan saya pagi ini, saya langsung meletakkan tangan di dada saya dan menyapa Roh Kudus. Oh, betapa leganya bisa merasakan lembut kasih-Nya kembali. Benar, Ia akan sangat kesepian jika kita tidak mengajak-Nya 'ngobrol' setiap hari. Ia akan sangat sedih jika kita lupa akan keberadaan-Nya di hati kita ini. Ia setia menyertai kita kemanapun dan siap memberi pertolongan setiap waktu tanpa batas. Bisakah anda merasakan-Nya juga? Do not make Him alone.

Yohanes 14:16-17, Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.


No comments: