Monday, August 02, 2010

Barang-barang yang wajib dibawa saat backpack

Oleh : Angelina Kusuma

Saat melakukan backpack saya selalu membawa barang-barang ini. Apa saja? Yukk...simak...:p

1. Tas
Ada dua jenis tas yang saya bawa saat backpack; tas ransel backpack dan tas backpack kecil sebagai tambahan. Tas ransel saya muat untuk membawa pakaian, peralatan mandi, peralatan kecantikan sampai alas kaki dan laptop. Sedangkan tas tambahan yang lebih kecil biasanya saya gunakan untuk membawa handphone, KTP/SIM, kamera saku, baterai dan uang tunai/kartu ATM. Benda-benda ini sengaja saya pisah dari tas ransel untuk memudahkan penjagaan dan penggunaannya (kebayang dong kalo misalnya kita naik pesawat/kereta/bis trus tiba-tiba kita harus membayar ongkos atau ingin memotret sesuatu, masa harus bongkar tas ransel yang segede gaban itu dulu? :D).

2. Botol air
Saya termasuk orang yang kuat nggak makan tapi nggak kuat kalo nggak minum. Kemanapun saya pergi, sebotol air pasti saya bawa untuk berjaga-jaga saat haus datang.

3. Kantung plastik
Benda ini sepele tapi penting. Kantung plastik berguna untuk memisahkan barang-barang yang sudah kita pakai selama di perjalanan dan yang belum kita gunakan. Misalnya: baju-baju yang sudah terpakai dan peralatan mandi yang basah, semuanya harus dipisahkan dari barang lain yang masih bersih. Itulah gunanya membawa kantung plastik saat backpack ;).

4. Kamera saku
Meskipun saya punya kamera DSLR, setiap kali backpack saya lebih sering membawa kamera saku. Alasannya, kamera saku lebih mudah digunakan dan tidak makan banyak tempat daripada kamera DSLR (kecuali dalam even tertentu yang mengharuskan saya membawa kamera selevel DSLR). Saran saya, pilih kamera saku yang mendekati DSLR feature-nya dan kuasai teknik-teknik dasar fotografi. Dengan kemampuan fotografi yang baik, hasil foto dari kamera saku pun tak kalah dengan hasil foto dari DSLR kok :).

5. Kartu identitas dan SIM
Kartu identitas berguna untuk check in ke tempat penginapan dan SIM sangat berguna jika ingin meng-explore tempat yang menjadi sasaran backpack dengan menyewa kendaraan sendiri di kota tersebut. Menurut pengalaman teman saya yang pernah backpack ke Lombok, ia mendapatkan kepuasan maksimal mengelilingi kota tersebut dengan menyewa motor di tempat. Ia berangkat dari Jakarta dengan pesawat, kemudian menyewa motor untuk mengunjungi tempat-tempat wisata di Lombok. Jika dihitung, menyewa kendaraan sendiri biayanya jauh lebih murah dibanding biaya naik taxi atau kendaraan lain kemana-mana.

6. Catatan dan Peta
Sebelum memulai backpack, saya biasanya melakukan survei kecil-kecilan mengenai kota yang akan saya kunjungi di internet atau bertanya kepada teman-teman yang sudah pernah kesana. Informasi-informasi seperti tempat penginapan, letak terminal/stasiun/bandara, tempat makan, tempat membeli oleh-oleh dan peta kota pasti akan saya print dan saya bawa saat backpack. Jika nanti nyasar, tinggal buka semua catatan dan peta aja...

7. Charger dan baterai cadangan
Handphone low bat saat di perjalanan? Duh, enggak banget deh! Selain untuk menerima telepon dan sms, buat saya handphone juga berguna untuk mendengarkan musik dan fesbuk-an hehehe. Jadi saya selalu mengusahakan semua baterai handphone dalam keadaan penuh selama backpack. Selain itu saya juga selalu membawa baterai cadangan untuk kamera saya (biar nggak kehabisan baterai kamera pas mo pose narsis xiexie :D).

8. Peralatan ibadah
Hei hei...liburan bukan alasan untuk tidak beribadah kan? Karena saya Kristen, Alkitab dan buku renungan harian juga turut saya bawa saat backpack :). Don't forget to worship Him every where.

9. Peralatan pribadi
Peralatan mandi seperti handuk, sikat gigi, pasta gigi, sabun muka dan sabun mandi adalah barang-barang wajib saya berikutnya. Soalnya saya juga tipe orang yang nggak bisa tidur kalo nggak mandi dulu hahaha :p. Selain itu peralatan kecantikan seperti body lotion, powder, lipbalm, deodorant and perfume juga wajib dibawa. Haha boleh dong tetep tampil cantik waktu ber-backpack ria :D.

All right...sekarang semua barang-barang wajib untuk back pack sudah siap. Let's go to travel around the world...^o^

No comments: