Sunday, August 01, 2010

"TAKUT DOSA"

Oleh : Angelina Kusuma

Hari ini ketika saya pulang dari gereja dengan mengendarai sepeda motor, saya menemui sebuah kejadian unik di tengah perjalanan. Di perempatan jalan menuju rumah, saya disalip oleh sebuah mini bus yang melaju kencang dari arah belakang. Mini bus ini melaju dengan cuek menerobos lampu merah. Yang unik, mini bus ini bertuliskan "TAKUT DOSA" dengan ukuran besar-besar dipasang di bagian kaca belakang. Kontan, saya menggeleng-gelengkan kepala melihat kelakukan si mini bus ini (lebih tepatnya, kelakuan supirnya kali ya :p). Entah siapa yang memasang tulisan "TAKUT DOSA" itu disana, yang jelas hal itu sama sekali tidak mencerminkan sikap takut dosa sebagaimana mestinya. Kalo benar takut dosa, kok jalan terus di perempatan lampu merah? Hihihi...

Kadang, kita juga sering menganggap remeh hal-hal kecil yang terjadi di sekitar kita seperti ini: menerobos lampu merah, berkendara nggak pakai SIM atau helm, nyontek dikit-dikit pas ujian (orang Suroboyo bilang, "Mbacem rek" :D), nggosipin orang lain, nonton video syurr, telad datang ke ibadah gereja...etc...etc...

Semua itu dosa nggak sie?

Emang nggak se 'seberat' tindakan pembunuh, pemerkosa, perampok, penzinah...kelihatannya. Tapi, hal-hal sepele itu tetap dihitung dosa didepan Tuhan. Ringan atau berat, kalo dosa upahnya ya maut! Neraka bukan cuma dibuat untuk mereka yang punya level pendosa berat, tapi juga buat mereka yang meremehkan Tuhan dengan cara-cara sepele. Penerobos lampu merah, pengendara kendaraan yang nggak pakai SIM atau helm, pembacem, penggosip, penonton tayangan-tayangan nggak bener, orang-orang yang suka telad ibadah...juga bisa masuk neraka kalo mereka tidak bertobat.

Mau?

Mazmur 139:23-24, Selidikilah aku ya Allah, selamilah hatiku, ujilah aku dan ketahuilah pikiranku. Lihatlah entah ada kejahatan dalam diriku, dan bimbinglah aku di jalan yang kekal (terjemahan BIS).

No comments: