Thursday, January 07, 2016

Gunung Beruk - Karangpatihan, Balong, Ponorogo

Oleh: Angelina Kusuma


Gunung Beruk merupakan salah satu tempat wisata yang mulai menanjak popularitasnya di Ponorogo.

Gunung Beruk berada di ketinggian 721 MDPL, lokasinya ada di RT 01/02 Dusun Tanggungrejo, Desa Karangpatihan, Kec. Balong, Kab. Ponorogo.

Akses jalan menuju Gunung Beruk tergolong mudah (lebih mudah daripada akses jalan menuju Gunung Bedes di Sooko, Ponorogo). Saat ini, ada perbaikan di beberapa ruas jalan menuju Gunung Beruk sehingga tempat wisata ini kemungkinan besar akan semakin mudah dicapai di masa depan.

Gunung Beruk sudah dikelola secara profesional oleh Karang Taruna desa setempat. Tiket masuk dikenai biaya sebesar Rp. 2.000 per orang dan biaya parkir untuk sepeda motor sebesar Rp. 1.000. Saya sarankan untuk menggunakan motor saja untuk menuju Gunung Beruk ini. Masih ada beberapa ruas jalan yang sempit dan belum bisa dilalui oleh kendaraan roda empat.

Area disekitar Gunung Beruk sudah lumayan bagus pengelolaannya. Ada beberapa warung yang menjual makanan dan minuman, ada gardu pandang seperti di Kali Biru, Kulon Progo, DI Yogyakarta yang bisa dipakai untuk berfoto dan berselfie ria, serta ada panggung utama untuk menggelar acara tertentu.

Disini tak hanya ada Gunung Beruk saja, tapi juga ada Gunung Bangkong yang bisa didaki oleh para penikmat petualangan alam. Jika kalian ingin berkunjung ke Wisata Alam Gunung Beruk, jangan lupa membawa kantung kresek yang bisa dipakai untuk memunguti sampah-sampah plastik yang bertebaran disekitar area tempat wisata. Di tempat ini memang sudah ada beberapa tempat sampah yang disediakan oleh pihak pengelola, tapi tetap saja ada orang-orang yang tidak bertanggung jawab yang membuang sampah sembarangan.

Okay guys, selamat berpetualang di Gunung Beruk dan Gunung Bangkong! See you in Ponorogo ^_^.


No comments: