Saturday, December 31, 2016

Tips Mengembalikan Suara yang Hilang Akibat Flu

Bagi seorang anggota tim Praise and Worship gereja, suara merupakan aset penting yang harus dijaga. Karena hanya dengan suara yang baik, kita bisa menyanyi, bersorak dan memimpin jemaat untuk masuk ke hadirat Tuhan sehingga siap diisi dengan firman-Nya.

Pada ibadah dan perayaan Natal tgl 25 Desember kemarin, saya ditunjuk menjadi salah satu singer di tim PAW gereja. Karena kurang berhati-hati dalam menjaga kesehatan, saya terkena influenza yang akhirnya mengganggu kinerja pita suara saya.

Seminggu sebelum Natal, saya PP Ponorogo - Madiun sampai 3 kali. Pertama, saya mengantarkan buku teman saya ke kost kakaknya. Kedua, saya menghadiri perayaan Natal Youth Impact GBI Keluarga Allah Madiun bersama anak-anak youth gereja. Dan ketiga, saya pergi bersama kedua orang tua ke rumah budhe saya di Perumahan Bumi Antariksa. Nah, saat ke rumah budhe saya ini, kami sempat keluar makan Gado-gado di Warung Pak Tomo Jl. Biliton dan disitulah saya teledor memesan es jeruk (biasanya, kalo dalam keadaan ekstra ketat seperti ini saya hanya memesan minuman hangat bukan dingin).

2 hari sebelum Natal, anak-anak Yosua (nama komsel youth gereja saya) memutuskan untuk menampilkan sebuah lagu pujian pada saat acara Natal. Latihan sampai malam ditambah keesokan harinya saya sempat makan martabak goreng kiriman dari salah satu jemaat yang perduli dengan kegigihan anak-anak Yosua dalam berlatih, akhirnya membuat sistem kekebalan tubuh saya jebol. Puji Tuhan saya tidak sampai tergeletak, meskipun saya harus menyanyi dengan suara parau pada saat ibadah Natal gereja berlangsung.

Suara saya hilang total seusai Natal. 4 hari lamanya saya harus bertarung melawan virus influenza yang menguasai tubuh saya. Batuk, pilek, demam, pusing, tubuh saya pegal-pegal semua...wuih, pokoknya nggak enak. Saya hanya sempat keluar rumah agak lama hari Rabu untuk menghadiri perayaan Natal GPdI Ontorejo di Sasana Praja selama 4 jam dan setelah itu esok harinya saya kembali menggigil kedinginan karena demamnya kembali menyerang hahaha.

Saya tidak suka minum obat jika sakit flu. Banyak artikel di internet yang juga menegaskan bahwa influenza disebabkan oleh virus dan virus tidak bisa disembuhkan oleh obat apapun, kecuali oleh sistem kekebalan tubuh kita sendiri. Nah, saya akan berbagi tips untuk melawan influenza dan memulihkan suara yang hilang total melalui blog ini.

1. Tetap jogging di pagi hari

Sakit bisa membuat kita malas keluar rumah apalagi melakukan olah raga. Tapi saya membuang jauh-jauh kemalasan itu. Meski dengan tubuh yang sedikit lemah, saya tetap melakukan rutinitas jogging saya di pagi hari. Saya terbiasa melakukan jalan kaki selama 1 jam setelah Saat Teduh dan itu juga yang saya lakukan selama saya sakit flu.

2. Minum air putih sebanyak-banyaknya

Air putih merupakan cairan terbaik di dunia untuk menjaga kesehatan. Minumlah air putih lebih banyak saat flu, karena itu akan mempercepat pemulihan sistem kekebalan tubuhmu.

3. Minum Vitamin C 1000 mg

Vitamin C penting untuk sistem kekebalan tubuh juga. So, saya minum suplemen ini dengan dosis 1000 mg per hari.

4. Jeruk nipis dan kecap
Jeruk Nipis

Untuk mengurangi batuk yang menyiksa, saya menggunakan perasan jeruk nipis dan kecap. Ramuan herbal ini benar-benar mujarap untuk mengeluarkan dahak yang menyumbat tenggorokan saya!

5. Jahe panas
Jahe

Wedang jahe juga berguna untuk memulihkan suara yang parau dan membuat tenggorokan nyaman. Perbanyak minum minuman yang hangat/panas selama sakit flu.

6. Kencur
Kencur

Buat saya kencur adalah pertolongan pertama pada saat suara hilang. Serius lho, saya mengunyah beberapa kencur sebelum ibadah Natal dimulai dan hasilnya suara saya agak mendingan, meskipun tidak pulih total seperti sebelum sakit flu hahaha. Rasanya nggak enak sih. Tapi ya mau gimana lagi, pengen suara pulih cepat. Kalo nggak doyan mengunyah kencur mentah-mentah, beli aja jamu beras kencur...khasiatnya hampir sama.

7. Minum suplemen pereda panas dalam

Yeah, tenggorokan saya sakitnya super selama 4 hari sampai menelan saja susah. Saya juga minum suplemen pereda panas dalam untuk mengurangi sakit di tenggorokan saya.

8. Jauhi makanan yang digoreng

Makanan yang digoreng bisa memicu batuk. Selama masa pemulihan, jauhi makanan-makanan yang digoreng sementara waktu dan perbanyak makan sayur dan buah.

9. Menjaga kebersihan tubuh dan beristirahat yang cukup

Saat sakit flu, kita juga harus ekstra membersihkan tubuh terutama tangan yang biasanya dipakai untuk menutup mulut saat batuk atau membersihkan ingus di hidung. Mandi di siang hari atau mandi dengan air hangat bisa membantu menjaga kebersihan tubuh dan menjadi bugar kembali. Selain itu beristirahatlah yang cukup. Karena hanya dengan istirahat, tubuh akan lebih cepat memulihkan sistem kekebalannya.

10. Tersenyum dan bergembiralah

Hati yang gembira adalah obat yang manjur (Amsal 17:22)...ini adalah kunci kesembuhan dari segala penyakit hehehe. Tersenyum dan bergembiralah, maka influenza akan lari daripadamu! Amin?

No comments: