Monday, January 16, 2017

'Pelarian' yang Tepat Saat Gagal, Galau, Baper dan Ifill Melanda

Jangan dengerin lagu-lagu melow saat galau. Jangan lihat film-film romantis saat patah hati. Jangan nulis uneg-uneg-mu di social media saat sedih, marah atau kecewa. Jangan menyendiri di kamar sambil mengasihani diri sendiri saat gagal/putus asa. Jangan berusaha cari gebetan baru jika kamu masih suka baper-an dan ilfill.

Semua manusia di dunia ini pasti pernah gagal, kecewa, sedih, marah dan kesepian. Kita tidak bisa menghindari hal-hal negatif terjadi, tapi respon kita setelah itu bisa kita kendalikan.

Cara paling ampuh untuk mengatasi hati yang luka adalah dengan mendekat kepada Tuhan. Dialah yang menciptakan hatimu, jadi hanya Dialah yang tahu bagaimana cara mengobati luka-luka di hatimu sampai ke akar-akarnya.

Firman Tuhan ialah pelita dan terang bagi hidup manusia

1. Baca Alkitab

Seberapa sering kamu membaca Alkitab? Pernahkah kamu menuntaskan pembacaan Alkitab dari Kejadian sampai Wahyu? Jika belum, ini saatnya kamu intensif membaca Alkitabmu!

Baca 10 pasal sehari?
Menuntaskan pembacaan Alkitab dalam tempo 6 bulan?
Why not?!
Do it!!

Alkitab adalah Surat Cinta-Nya Tuhan kepadamu. Melalui Alkitab kamu akan mengenal Dia, mengenal rencana-rencana-Nya dalam hidupmu dan kamu akan menemukan semangat serta kekuatan baru didalamnya. Setiap kata dalam Alkitab mengandung janji-janji Allah dan itu adalah obat yang mujarab untuk luka-luka batinmu. Tuhanlah Dokter diatas segala dokter di dunia ini. Percayakan sakit hatimu kepada-Nya dan Dia akan memberi kesembuhan kepadamu.

2. Pujian dan penyembahan

Allah bertahta dalam setiap pujian dan penyembahan umat-Nya. Pakai mulutmu untuk memuji dan menyembah Tuhan lebih sungguh-sungguh lagi saat perasaan-perasaan negatif mulai menyerang hidupmu. Cari lagu-lagu pujian rohani yang menguatkan dan membangun untuk menggantikan lagu-lagu duniawi yang ada di playlist-mu.

3. Doa

Ungkapkan seluruh kegelisahan hatimu kepada Tuhan lewat doa, jangan nulis status ke social media. Tuhanlah satu-satunya Pribadi yang rela mendengar keluhan-keluhanmu dengan baik dan tidak akan pernah menghinamu karena kamu bodoh, gagal, sedih, kecewa, marah, cemburu, etc. Biarkan Dia menampung air matamu dan memberimu kelegaan serta kekuatan.

4. Kutip ayat Alkitab

Firman Tuhan adalah senjata yang diberikan Allah untuk menyerang pertahanan musuh. Saat perasaan-perasaan negatif menyerang, beri serangan balik kepadanya dengan mengutip ayat-ayat di Alkitab. Isi pikiranmu hanya dengan firman, pujian dan penyembahan...fokus total kepada Tuhan dan jangan beri kesempatan kepada hal-hal negatif menduduki pikiran dan hatimu.

5. Cari partner sharing dan doa

Yang sesama jenis tentunya ya! Partner sharing dan doa bisa berasal dari gereja, keluarga atau temanmu yang seiman. Jika kamu sudah merasa tak kuat lagi menanggung beban sendirian, kamu bisa cerita kepada partnermu dan minta dia untuk berdoa dan menguatkanmu.

6. Menolong orang lain

Jangan sembunyi dan mengasihani diri saja saat sedih. Tapi keluar dan carilah orang lain yang membutuhkan pertolongan dan tolonglah dia. Sukacita yang kamu peroleh dari menolong orang lain akan membebaskanmu dari kesedihanmu.

7. Lakukan hobi yang positif

Traveling, menulis, memotret, menari, menggambar, menjahit, memasak...lakukan hal-hal yang positif untuk menjaga hidupmu juga tetap positif.

Yeremia 29:11, Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.

Tuhan itu sayang banget sama kamu dan Dia tidak akan pernah sanggup melakukan yang jahat padamu. Jika saat ini Dia membiarkanmu berjalan di lembah dan masuk ke padang gurun sendirian, Dia pasti sedang memperbesar kapasitasmu. Ayo semangat! Jangan menyerah! Pandang segala sesuatu dari kacamata-Nya Tuhan. Tunjukkan bahwa kamu adalah anak yang layak membuat Bapa bangga!

No comments: