Tuesday, July 04, 2017

Yuk, Belajar Berkomunikasi...

Banyak orang pandai di muka bumi ini. Tapi tak semuanya bisa memberikan pengaruh yang baik kepada lingkungan sekitarnya. Terkadang, orang yang cuma lulusan SD, lebih bisa memberi dampak positif yang luar biasa di masyarakat dibandingkan mereka yang jebolan S2/S3 dari universitas ternama.

Cara bersikap, cara berbicara, cara bergaul dan cara berbaur dengan berbagai golongan...tak akan kamu dapatkan serta merta di bangku sekolah. Itulah kenapa, kadang kita menjumpai banyak orang pandai yang saat berbicara justru membuat orang-orang menjauh atau tidak mendapat tanggapan apapun.

Let's talk!

"Seseorang bersukacita karena jawaban yang diberikannya, dan alangkah baiknya perkataan yang tepat pada waktunya!"
(Amsal 15:23)

Kata-kata yang diucapkan tepat pada waktunya, mendatangkan sukacita. Jika lawan bicaramu adalah orang-orang biasa, jangan pakai gaya profesor/filsuf untuk berkomunikasi dengan mereka. Sebaliknya, jika lawan bicaramu para cendekiawan, jangan bergaya sok tahu di depan mereka.

Selalu membawa ayat-ayat kitab suci dalam sebuah percakapan, tak akan membuat lawan bicaramu bertobat saat itu juga. Selalu memakai istilah-istilah/bahasa asing dalam setiap kesempatan tak akan membuat derajatmu lebih tinggi seketika.

Jadilah orang yang rendah hati dan hargailah seseorang yang sedang mengutarakan isi hatinya meski itu hal sederhana. Berilah kesempatan orang lain untuk lebih banyak berbicara daripadamu dan tertawalah agar mereka berani mendekat dan terbuka denganmu. Sederhana, tapi inilah seni berkomunikasi yang seringkali dilupakan oleh banyak orang.

Hari ini, bukan lagi memulu tentang kamu. Tutuplah mulutmu sejenak, berilah telinga dan hatimu untuk lebih banyak mendengar dan merasakan...

No comments: