Saturday, October 14, 2017

Pantai Cemara, Pantai dengan Cemara Udang Terluas di Banyuwangi

Pantai-pantai di Banyuwangi bagian Utara sebenarnya tergolong 'biasa' buat saya. Saya sudah kenyang menjelajahi pantai-pantai di Pacitan yang kebanyakan berpasir putih dan masih sangat alami, jadi ekspektasi saya tentang pantai termasuk tinggi (uhuk-uhuk). Tapi Pantai Cemara Banyuwangi ini tergolong unik di mata saya...




Kurang lebih 2,5 hektar lahan di Pantai Cemara disulap menjadi hutan Cemara Udang yang sangat rindang, hijau dan menyejukkan mata. Inilah keistimewaan Pantai cemara yang membuat saya takjub sekaligus angkat jempol 4! (2 jempol pinjem tetangga hahaha).

Tiket masuk ke Pantai Cemara termasuk murah. Hanya dengan membayar Rp. 2.000/orang dan parkir roda dua Rp. 2.000, pengunjung sudah bisa ngadem di area pantai.

Di dalam Pantai Cemara ada 2 spot menarik yang juga wajib dikunjungi, yaitu Tempat Pembesaran & Edukasi Penyu dan Zona Inti Hutan Kota. Untuk memasuki kedua spot ini, pengunjung bisa berdonasi masing-masing Rp. 2.000 saja kok. Yah, itung-itung berwisata sambil belajar dan ikut mendukung program pelestarian lingkungan gitu deh (donasi yang terkumpul akan dimanfaatkan untuk beli pakan penyu dan pembibitan pohon Cemara Udang).

Oh ya, Zona Inti Hutan Kota adalah tempat untuk bertelur penyu. Jadi tidak sembarangan tempat bisa kamu injak. Hanya lorong yang sudah dibuat track-nya (ada penanda bola-bola dan payung-payung yang digantung diatas) yang boleh kamu telusuri. Selebihnya, jangan diinjak-injak ya. Siapa tahu ada sarang telurnya penyu disana. Zona Inti ini juga hanya dibuka saat weekend saja. Saat weekdays, Zona Inti tertutup untuk umum. Beruntung, saya bertemu dengan staff pengelola yang memberi saya sedikit waktu untuk berkeliaran di Zona Inti ini di Hari Senin hahaha.

No comments: