Tuesday, November 14, 2017

Tampil Cantik Alami Tanpa Banyak Kosmetik

Biaya untuk tampil cantik itu mahal? Kalo kata saya sih enggak. Karena buat saya, the best makeup in the world is my smile and my faith hehehe.

Saya punya beberapa cara sederhana untuk menjadi cantik tanpa keluar banyak uang untuk membeli peralatan makeup dan kosmetik.

Simak caranya disini ya ladies...

1. Air Es

Air es itu sepele tapi banyak gunanya lho. Air es bisa dipakai untuk mengecilkan pori-pori di wajah, mendinginkan wajah sampai membersihkan wajah. Saya tidak pernah lagi membeli produk-produk pembersih wajah. Cuma pakai air es untuk mengompres sekaligus membersihkan wajah setiap pagi dan malam hari dan sebelum/sesudah mengaplikasikan makeup.

2. Minyak Zaitun

Saya memakai minyak zaitun untuk menggantikan produk hand and body lotion dan pelembab wajah. Beli saja virgin olive oil di toko-toko kecantikan/swalayan/apotik dan gunakan untuk melembabkan seluruh bagian di tubuhmu yang kering. Mudah, aman dan lebih murah biayanya daripada kamu harus membeli produk hand and body lotion dan pelembab wajah beserta produk anti aging, karena minyak zaitun juga bisa menghambat penuaan dini!

Sebagai acuan saja, virgin olive oil yang ukuram 150 ml (produksi Indonesia) harganya sekitar Rp. 25.000. Cara pemakaian minyak zaitun untuk melembabkan tubuh juga hanya dioles-oleskan saja secukupnya ke bagian tubuh yang memerlukan, nggak ada trik-trik khusus yang sulit.

3. Ampas Kopi

Saya memakai ampas kopi sebagai scrubs baik wajah dan tangan (karena tangan saya sering belang akibat terpapar sinar matahari). Dengan bahan alami ini, saya sudah tak perlu lagi produk peeling wajah atau body scrub. Hemat kan?




Minum kopi sambil tetep cantik gitulah istilahnya hahaha.

4. Henna

Mungkin kita yang ada di Indonesia agak asing mendengar kata Henna. Tumbuhan yang nama aslinya Lawsonia Inermis ini merupakan tumbuhan tertua yang digunakan sebagai kosmetik. Saya sering menggunakan Henna untuk semir rambut. Kebanyakan Henna yang beredar di Indonesia adalah produksi Arab atau India. Harganya murah, hanya sekitar Rp. 6.000 - Rp. 7.000/sachet. Satu sachet Henna bisa untuk 2 kali penggunaan untuk rambut saya (ukuran panjangnya sedang).




Henna ini relatif aman untuk digunakan sebagai semir karena terbuat dari bahan alami. Cara pemakaian Henna juga mudah, hanya dengan mencampurkan serbuk Henna dengan air dingin. Saya pernah menggunakan semir rambut merk mahal seperti Wel** dan itu membuat rambut saya rontok dan kulit kepala saya terasa panas. Tapi sejak saya menggunakan semir Henna, rambut saya hanya sedikit rontok dan kulit kepala saya tidak terasa panas lagi. Plus, hemat uang karena harganya murah.

5. Kulit Pisang

Jangan buang kulit pisang yang kamu punya. Saya memakai kulit pisang sebagai masker wajah hohoho. Kulit pisang bagian dalam tinggal digosok-gosokkan ke wajah sampai merata dan tunggu sampai kering baru dibilas. Fungsinya untuk mengencangkan dan mencerahkan kulit. Mudah dan murah. Nggak perlu lagi beli produk-produk masker wajah yang mahal-mahal.




Setiap perlu ber-makeup, saya hanya membutuhkan 5 jenis kosmetik ini:
1. Pensil alis
2. Bedak tabur
3. Lipstick
4. Deodorant
5. Minyak wangi


Piye, ayu to? Hahaha

Saya tidak punya peralatan makeup yang aneh-aneh. Cara saya ber-makeup juga sederhana karena pada dasarnya saya tidak suka ribet orangnya.

Saya membersihkan wajah saya lebih dulu dengan air es sebelum memakai makeup. Kemudian mengoleskan minyak zaitun ke seluruh wajah sebagai pelembab, mengaplikasikan bedak tabur ke wajah, membentuk alis dan memoles bibir dengan lipstick. Untuk mencegah bau badan, saya memakai deodorant berbentuk lotion di ketiak dan menyemprotkan minyak wangi.

Nah, gampang kan caranya untuk tampil cantik alami nggak pake mahal?

Subscribe ke channel YouTube saya untuk tips dan info berguna lainnya...

No comments: